New Yaris

Toyota Ciamis

Heri Safari
Marketing Toyota
CV Sinar Mas
Jl Jend Sudirman, Sindangrasa
Kec Ciamis, Kab Ciamis
Jawa Barat 46215

Telp :
0852 2706 6508 / 0811 2615 554 (WhatsApp)
Pin BB : 573F118D

Email : safaridachman@gmail.com


Toyota Astra Motor, APM Toyota meniagakan Yaris dalam tiga varian utama yaitu E, G, dan TRD Sportivo, masing-masing memiliki pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis CVT.Sebagai penggerak, Yaris masih menggunakan mesin yang sama seperti sebelumnya. Dengan konfigurasi 4-silinder segaris, berkapasitas 1,5 liter, sudah dibekali teknologi pengapian Dual VVT-I khas Toyota. Mesinnya sanggup melontarkan tenaga hingga 107 PS. Cukup untuk penggunaan harian.Secara desain, mukanya memiliki bahasa desain Toyota global yang bisa dilihat juga pada Camry terbaru di Amerika Serikat, Toyota Auris, hingga Vios terkini yang dipasaran di Kawasan ASEAN dan India. Secara keseluruhan, Yaris lebih mampu menarik perhatian orang muda (atau yang berjiwa muda) dengan desain ini. Perubahan yang jelas terlihat pada bagian muka dan buritan. Namun yang terasa signifikan justru ada di balik kulitnya.

Toyota membekali Yaris dengan banyak fitur keselamatan modern yang lengkap. Sangat lengkap, sehingga pantas untuk menobatkan Yaris sebagai kendaraan B-Segment (sekelas Honda Jazz, Kia Rio, Hyundai i20) yang paling lengkap safety featurenya. Mulai dari tujuh airbag di sekeliling kabin, hingga hill start assist. Rangka bodi yang sudah diperkuat, juga menjadi nilai tambah bagi sektor keselamatan.

Interior juga mengalami perubahan dengan penambahan aksen metal di dashboard, penggunaan panel instrumen baru, hingga pengendali AC yang sudah digital (pada varian Yaris TRD Sportivo).

Interior & Fitur

Perubahan di interior juga terlihat signifikan, seraya tetap mempertahankan kelegaannya. Terutama di konsol tengah Yaris TRD Sportivo. Layar monitor 7-inci terpampang di situ, tapi yang terlihat dominan dan menarik, adanya tombol-tombol AC digital.

Kalau Anda ingat, di Yaris (dan Vios) sebelum ini, dashboard tampak berhias aksen jahitan palsu. Rupanya kritik terhadap aksen tersebut ditanggapi, karena terbukti kini berkurang. Meski masih tersisa di seputaran head unit.

Penggunaan tuas transmisi otomatis model gate lever juga menambah kesan mewah, meski untuk mereka yang familiar dengan produk Toyota, ini bukan barang baru.

Joknya masih tetap menggunakan desain dan material yang sama, dengan desain lingkar kemudi terlihat baru. Pada varian TRD, sudah tersedia tombol-tombol untuk mengatur fitur hiburan, serta paddle shifter untuk Yaris TRD bertransmisi CVT.

Eksterior

 

Hilang sudah ‘kumis tipis’ yang biasanya nampang di muka Yaris. Parasnya kini terlihat lebih ceria, meski saat diberikan aerokit TRD, kesan sporty tetap dominan. Desain grille yang melebar ke bagian atas serta lampu baru yang lebar terlihat menarik dan tidak kaku.

Bagian belakangnya juga turut mengalami perubahan signifikan. Pintu bagasi berubah, mengikuti perubahan yang terjadi pada lampu.

Varian Yaris TRD Sportivo paling menarik kalau berbicara soal desain. Mobil ini dibekali imbuhan aerokit di sekeliling tubuhnya. Mulai dari lip spoiler di depan, side skirt, hingga bemper belakang yang sporty. Tailgate spoiler juga terpasang di pintu bagasi dan tidak terlihat berlebihan.

Di bagian kaki, Yaris E dibekali pelek alloy berukuran 15 inci, yang tampilannya biasa saja. Tapi varian G dan TRD Sportivo, memakai pelek alloy dwiwarna berukuran 16 inci. Kedua varian ini menggunakan pelek dengan desain yang sama. Di bagian ini kami merasa kurang sesuai, harusnya TRD Sportivo punya desain pelek yang bisa lebih sporty untuk menunjang penampilan keseluruhan.

Mesin & Konsumsi BBM

Toyota Yaris 2018 menggunakan mesin berkode 2NR yang sama seperti sebelumnya. Kemampuannya juga tidak berubah, masih tetap punya tenaga puncak 107 PS, dengan torsi 140 Nm. Bagi pecinta kecepatan, mungkin ini tidak ada apa-apanya, tapi untuk penggunaan sehari-hari, sudah cukup.

Transmisi CVT Toyota adalah salah satu transmisi rasio variable yang bisa diandalkan, kehalusannya patut diacungi jempol.

Soal efisiensi BBM, kami memang belum sempat mengujinya. Tapi karena mesin ini sama dengan sebelumnya, untuk sementara ini angka konsumsi bensin mungkin bisa merujuk ke Yaris sebelumnya.

Pengereman

Untuk pertama kalinya Toyota menyematkan tujuh airbag di Yaris. Dan itu berlaku untuk semua varian Yaris 2018. Selain airbag, di kabin juga sudah tersedia kaitan ISOFIX untuk kursi anak-anak. Bahkan sandaran kepala di kursi berfungsi untuk mencegah atau mengurangi cedera tulang belakang saat terjadi benturan.

Sementara fitur keselamatan aktif ada VSC (Vehicle Stability Control) yang bisa menjaga mobil tetap stabil saat bermanuver. Tapi tentunya, tetap ada batasan kemampuan. Ada juga rem dengan ABS, EBD (pendistribusi daya pengereman variabel, yang bisa mengatur tekanan rem yang berbeda untuk setiap roda), dan Brake Assist, yang membantu menekan piston rem saat terjadi pengereman mendadak. Hill start Assist juga ada di mobil ini. Fitur yang tadinya hanya ada di mobil mewah, membantu Anda beranjak setelah berhenti di tanjakan.

Struktur bodi Yaris juga sudah didesain untuk bisa secara optimal menyerap efek tumbukan. Tapi ini tentunya bukan hal baru. Hampir semua produsen mobil mengklaim, struktur bodi produk mereka memberikan proteksi maksimal untuk penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.